/////
you're reading...
Artikel.

Mau Pinter Kaya Mbak Dian Ini??? Banyak Baca Donk . . .



Belakangan ini cukup banyak buku tentang pengalaman bisnis pengusaha kita. Kisah keberhasilan Martha Tilaar dalam mengembangkan produk-produk yang digunakan oleh kaum perempuan, di antaranya. Judulnya The Martha Tilaar Way, sebuah judul yang lazim dipakai di luar negeri untuk memaparkan “jalan” yang ditempuh seorang pengusaha atau perusahaan dalam meraih sukses. Misalnya, The Toyota Way dan The Jack Welch Way.
Buku lain yang juga menarik ialah Making The Giant Leap. Buku yang ditulis oleh Stanley Atmadja ini menyingkapkan kunci sukses Adira Finance, perusahaan yang ia pimpin. Stanley berusaha menkonseptualisasikan pengalaman Adira dalam mengembangkan bisnis, bagaimana nilai-nilai perusahaan dibangun, bagaimana kepemimpinan disemaikan di setiap jenjang organisasi.
Langkah membukukan pengalaman bisnis yang ditempuh oleh Martha Tilaar maupun Stanley Atmadja, juga Arifin Panigoro lewat bukunya Berbisnis Itu (Tidak) Mudah, patutlah dipujikan. Kenapa? Karena di Indonesia, para pengusaha kita belum terbiasa mengungkapkan jurus-jurus bisnisnya kepada masyarakat melalui dokumentasi tertulis seperti buku. Jadi, upaya mereka merupakan sejenis terobosan, bahwa mereka bersedia membuka diri dan memaparkan rahasia sukses mereka kepada publik.
Berbeda halnya dengan di AS, di mana pengusaha atau profesional sudah terbiasa mengungkapkan kisah keberhasilan maupun kegagalannya dalam mengelola bisnis dalam buku. Andrew Grove menuliskan pengalaman dan wawasannya dalam buku yang kerap dikutip, Only the Paranoid Survive. Bill Gates dengan The Road Ahead-nya. Begitu pula, sepak terjang Jack Welch, sang manajer legendaris, dalam mengembangkan General Electric sudah ditulis dalam banyak buku.
Untuk bersedia menceritakan pengalaman-bisnisnya, para pengusaha mesti meyakini bahwa cerita mereka akan bermanfaat bagi masyarakat tanpa perlu merasa khawatir strategi mereka akan dicontek. Publik luas, bukan hanya kalangan pebisnis, akan memetik manfaat dari upaya berbagi pengalaman semacam itu. Pengetahuan mungkin bisa dipetik dari mana saja, tetapi pengalaman niscaya bersifat unik.
Para wirausahawan lain akan berusaha untuk tidak mengulangi kesalahan serupa dan ini akan mendorong percepatan pertumbuhan bisnis. Banyak orang akan memperoleh inspirasi dari cerita-cerita mereka: tentang keberanian mengambil keputusan, perihal kegigihan dalam berusaha, ihwal semangat berinovasi. Bila banyak pengusaha sukses, niscaya kemakmurannya dapat ditularkan kepada banyak warga masyarakat lainnya.
Kekhawatiran bahwa pembaca yang kebetulan pebisnis akan menyontek apa yang mereka lakukan, saya rasa, terlampau berlebihan. Betapapun gamblangnya sebuah strategi dipaparkan, seperti yang dituangkan Stanley dalam Making the Giant Leap, tidak akan mudah bagi siapapun untuk menirunya dan kemudian mengadopsi dan mempraktekkan dalam perusahaannya. Toyota barangkali dapat diambil sebagai contoh lain. Sudah banyak buku yang ditulis orang mengenai Toyota, termasuk serial karya Jeffrey “spesialis Toyota” Liker, toh pengusaha lain tidak mudah meniru dan mengaplikasikan konsep “lean” yang menjadi salah satu kunci sukses Toyota.
Jadi, menurut saya, akan lebih bagus bila lebih banyak lagi pengusaha kita yang mengikuti jalan Martha, Stanley, atau Arifin, dalam mengisahkan pengalaman bisnis mereka. Menulis sendiri atau dituliskan orang lain, tak jadi soal. Upaya mereka patut dipujikan, sebab mereka percaya bahwa seperti halnya dalam memasak makanan, resep bisa sama, tetapi cita rasa hidangan yang disajikan pasti berbeda. Pada akhirnya, sentuhan seorang chef akan menentukan cita rasa masakan itu.
DIAN BASUKI, PENGAMAT SOAL MANAJEMEN

About Chras D. S.

I wanna be A good writer . . .

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 9 pengikut lainnya

Alexa Rate

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 9 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: